Senin, 04 Mei 2009

The Best Prenatal Care Begins Before Conception

Perawatan Prenatal Terbaik Dimulai Sebelum Kehamilan

Suatu hari saya sedang berbincang dengan seorang wartawati mengenai perawatan prenatal rutin ( yang sehari-hari dikenal dengan pemeriksaan kehamilan ) dan pertanyaan pertama yang dia ajukan adalah," bila sedang hamil, kapan saat terbaik bagi kita untuk pertama kalinya memeriksakan kehamilan pada dokter?". Dia sedikit terperanjat tatkala mendengar jawaban saya yang menyatakan bahwa "Mudah saja. Sebelum seorang wanita belum hamil !". Sebenarnya sudah sejak lama kita diajarkan pemahaman bahwa perawatan prenatal terbaik adalah bila dimulai sejak sebelum kehamilan terjadi. Hal ini mutlak dilaksanakan pada wanita yang merencanakan kehamilannya yang pertama kali, wanita yang memiliki masalah kesehatan dan wanita yang kehamilan atau persalinan sebelumnya mengalami komplikasi.

Kunjungan prakonsepsi sebenarnya lebih dari sekedar pertemuan antara seorang profesional kesehatan yang sudah sangat anda kenal sejak lama atau semenjak anda mendapatkan gangguan atau masalah kesehatan tertentu. Kunjungan prakonsepsi merupakan saat yang tepat untuk melakukan penilaian kembali riwayat medik, obstetrik, keluarga dan sosial yang dapat memberikan dampak buruk terhadap kehamilan. Wanita yang akan melakukan kunjungan prakonsepsi harus sudah mempersiapkan diri untuk bersikap terbuka dan terus terang pada dokter mengenai masalah yang sedang atau pernah dia alami dalam berbagai hal terutama yang menyangkut masalah kesehatan, riwayat kehamilan dan persalinan, seksual ataupun kemungkinan adanya kekerasan dalam rumah tangga dan lain sebagainya. Adalah sangat ideal bila kunjungan tersebut dilakukan oleh pasangan suami istri secara bersama-sama. Namun hal tersebut tidak terlalu mutlak mengingat bahwa ada hal-hal personal tertentu yang sebaiknya tidak perlu diketahui oleh suami
Dalam situasi seperti itu, maka kunjungan dapat saja dilakukan oleh wanita itu sendiri sehingga suasana menjadi lebih bebas baginya untuk dapat menceriterakan apapun masalahnya kepada dokter yang dia percaya.

0 komentar: