Selasa, 05 Mei 2009

Prenatal Vitamin


Vitamin Prenatal


Vitamin pada masa prenatal merupakan masalah yang menarik untuk dibahas. Semua orang yakin bahwa konsumsi vitamin sebelum kehamilan membantu mencegah terjadinya cacat bawaan dan konsumsi vitamin selama kehamilan maupun pada masa laktasi dapat melindungi bayinya dari gangguan gizi. Pengertian yang tidak sepenuhnya benar, oleh karena harus disadari bahwa dibalik semua manfaat yang dimiliki vitamin, pil vitamin yang kecil itu harus digunakan secara hati-hati mengingat adanya potensi kerugian bila digunakan secara tidak terkendali.

Mitos : Dengan konsumsi vitamin maka seluruh kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi tanpa perduli apapun makanan sehari-hari yang dikonsumsi.

Realitas : Sebuah pemahaman yang salah. Vitamin prenatal adalah suplemen makanan sehari-hari dan bukan pengganti makanan yang harus dimakan. Dalam kenyataan, vitamin prenatal hanya akan berkhasiat bila anda mengkonsumsi diet sehat dengan unsur makanan yang ber variasi. Diketahui pula adanya defisiensi dalam vitamin prenatal, sebagai contoh kalsium. Kadar kalsium dalam sebutir vitamin prenatal hanya sekitar 250 mg, padahal kebutuhan normal kasium perhari dari wanita hamil untuk kepentingan dirinya dan bayinya adalah 1200 - 1500 mg kalsium

Mitos : Kualitas semua vitamin prenatal adalah sama.
Realitas : Ini merupakan pengertian yang salah oleh karena hasil peneltian memperlihatkan bahwa dari 9 jenis vitamin prenatal hanya 3 yang mengandung asam folat dalam kandungan seperti yang diakui oleh pabrik pembuatnya. Ini dapat diartikan bahwa meskipun vitamin prenatal tertentu menyebutkan jumlah kandungan asam folat namun tidak semuanya dapat di absorbsi oleh tubuh secara sempurna.


Mitos : Vitamin yang di resepkan oleh dokter selalu lebih baik daripada vitamin yang dapat dibeli secara bebas di toko obat.
Realitas : Tidak benar !! , Tidak semua produksi vitamin dilakukan setara dan beberapa vitamin yang dibuat berdasarkan resep dokter juga dapat ditemukan pada jenis vitamin yang dibeli secara bebas. Yang penting diperhatikan adalah unsur-unsur yang ada dalam pil vitamin dan bagaimana absorbsinya di tubuh anda. Vitamin yang dibuat dengan resep tidak jarang lebih mahal dibandingkan yang dapat dibeli secara bebas.

Saat anda menentukan jenis vitamin prenatal yang sesuai dengan anda mintalah saran pada dokter dan perhatikan apa yang disarankan oleh mereka.

  • Tidak semua vitamin prenatal mengandung kalsium yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Kadar vitamin A yang terlampau tinggi akan menyebabkan cacat bawaan.
  • Pastikan bahwa vitamin prenatal yang anda konsumsi adalah multivitamin dengan kadar dibawah 10.000 UI
  • Beberapa wanita tidak menyukai sejumlah vitamin prenatal produksi pabrik tertentu. Bila anda merasa bahwa vitamin tersebut rasanya tidak enak maka anda dapat menggantinya dengan merek yang lain.

dr.Bambang Widjanarko, SpOG
email : bbg.widjanarko@gmail.com
bwrko@yahoo.co.id

0 komentar: