Kamis, 07 Mei 2009

Preconception Advice



KONSULTASI PRE KONSEPSI

Beberapa tahun terakhir ini, sejumlah klinik membuka layanan khusus untuk memberikan layanan advis pre konsepsi. Klinik khusus ini akan membahas perihal mengenai riwayat kesehatan keluarga terutama yang menyangkut penyakit diabetes melitus, hipertensi dan adanya anggauta keluarga yang mengalami cacat bawaan. Selain itu, status kekebalan tubuh (imunologi) pasien akan dieksplorasi terutama yang terkait dengan grup ABO dan faktor Rhesus serta imunitas terhadap rubella, hepatitis B dan C.
Bila wanita yang bersangkutan menderita diabetes melitus maka harus dipastikan bahwa penyakit tersebut sudah dalam keadaan terkendali sebelum mengharapkan kehamilan.

Pasien-pasien lain yang dapat memanfaatkan kehadiran klinik layanan khusus pre konsepsi ini adalah mereka yang pernah melahirkan anak dengan cacat bawaan seperti misalnya spina bifida (tulang belakang yang terbuka - gambar sebelah kanan ) atau anensepal (tidak memilki tempurung kepala - gambar sebelah kiri) . Sudah terbukti bahwa bila pasien tersebut meningkatkan asupan asam folat sebelum dan selama 10 minggu pertama kehamilan maka resiko terulangnya kejadian akan sangat berkurang.

Asupan asam folat alamiah dapat ditemukan pada cereal, sayuran hijau dan buah jeruk. Harus diingat bahwa asam folat akan rusak bila sayuran hijau tua tersebut direbus, jadi sayuran tersebut harus dimakan dalam keadaan mentah.

Selama kunjungan pre konsepsi, dokter akan menuliskan resep asam folat 5 mg untuk diminum setiap hari.

0 komentar: