Selasa, 05 Mei 2009

What Happens at a preconceptional health visit

Apa yang terjadi saat kunjungan kesehatan prakonsepsi ?

Pertanyaan: Apa yang terjadi saat kunjungan kesehatan prakonsepsi ?

Jawaban: Saat mempersiapkan diri untuk menyongsong datangnya kehamilan (konsepsi = pertemuan antara sperma dan sel telur ) adalah merupakan tindakan yang baik bila anda mengunjungi dokter yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan waktu yang memadai untuk berlangsungnya proses konsultasi pra konsepsi yang baik. Konsultasi semacam ini disebut sebagai kunjungan konsultasi pre konsepsi.

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai kesehatan anda sebelum terjadinya kehamilan. Kunjungan ini akan membantu anda untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menyongsong kehamilan sehingga bayi anda kelak juga akan sehat.

Selama kunjungan tersebut, anda diharapkan untuk menjawab serangkaian pertanyaan Jawaban anda sangat dibutuhkan oleh dokter untuk menentukan apakah anda bebas dari kondisi kronik yang harus dikendalikan sebelum anda menjadi hamil. Kunjungan tersebut merupakan waktu terbaik untuk memberitahukan berbagai jenis obat yang anda sedang atau pernah gunakan, mungkin obat-obat tersebut harus saudara hentikan atau diganti dengan jenis lain

Selain itu, anda juga dapat menanyakan mengenai metode keluarga berencana yang sedang anda gunakan. Sejumlah wanita peserta KB sering bertanya-tanya mengenai kapan saat penghentian metode KB ini harus dihentikan bila mereka menginginkan kehamilan.

Pada kunjungan ini, terhadap anda akan dikerjakan pemeriksaan fisik umum dan ginekologi termasuk pemeriksaan hapusan mulut rahim ( Pap's smear) dan pemeriksaan payudara.

Kunjungan ini sebaiknya dilakukan sekurang-kurangnya 6 bulan sebelum anda menginginkan kehamilan. Waktu tersebut kiranya cukup bagi anda untuk mempersiapkan kondisi fisik dengan baik sebelum terjadinya kehamilan.

Anda dapat mengajukan permintaan kepada dokter mengenai advis umum mengenai bagaimana agar kehamilan dapat segera terjadi. Tanyakan pula mengenai tanda-tanda yang terjadi pada diri anda bila saat ovulasi tiba oleh karena bila anda dapat mengenali tanda tersebut maka diharapkan anda akan dapat segera mendapatkan kehamilan.

Dokter akan memberikan nasihat tentang nutrisi, vitamin prenatal dan saat melakukan kunjungan prenatal bila kehamilan sudah terjadi. Ada kemungkinan pula bahwa atas pertimbangan kesehatan tertentu, dokter menyarankan agar anda menunda keinginan untuk hamil.

0 komentar: